Apakah itu MLM?? Biasanya orang-orang nyleneh mengartikan MLM itu singkatan dari Masuk Langsung Mati. Hahaha. Sungguh arti yang unik.  Sebelum semua orang menilai MLM itu PENIPU, alangkah baiknya kalau kita mengetahui lebih jelas tentang apa itu MLM? Ini adalah penjelasan MLM versi saya sendiri.
Dalam dunia bisnis, MLM adalah singkatan dari Multi Level Marketing. Namanya saja mungkin anda sudah pernah tahu atau memang cuma sekedar tahu saja. Mungkin disini saya akan menambahkan beberapa makna dari MLM (Multi Level Marketing) yang mungkin bellum anda ketahui.

Sketsa MLM berdasarkan LEVEL.
MLM adalah sebuah sistem kerja pemasaran yang sudah terkenal dan digunakan oleh setiap perusahaan di dunia, bahkan selurah usaha di dunia menggunakan sistem seperti MLM. MLM sebenarnya mempunyai misi yaitu membantu diri sendiri dan orang lain untuk sukses. Karena jika employee kita yang paling bawah sukses, maka yang di atasnya juga jauh lebih sukses. Gambar ini adalah gambar yang saya dapatkan dari media maya. Mungkin anda pernah melihat beberapa macam SISTEM MLM seperti ini. Gambarnya seperti Pohon atau Kerucut. Semakin ke bawah, maka semakin banyak pula jumlah employee nya. Semakin banyak employee yang memasarkan, semakin untung juga pemilik perusahaan tersebut. Sistem seperti di atas sudah diterapkan oleh semua perusahaan besar, menengah, atau pun kecil.
Misalnya dari Si PELOPOR (Level 1). Jika ingin mempunyai usaha yang sukses, orang Level 1 ini harus mengajak atau mencari minimal 2 orang yang mau menjalankan bisnisnya (atau bisa dikatakan dengan orang Level 2). Masalah untung atau ruginya akan diatur oleh orang Level 1.
Nah, jika Si PELOPOR (level 1) ingin lebih sukses lagi, maka orang level 1 ini harus memberikan peluang yang lebih besar lagi kepada downline nya (orang level 2) yaitu bisa mencapai posisi seperti dirinya dengan cara mengajak atau mencari minimal 2 orang lagi untuk mendapatkan posisi di level 3.
Nah, jika cara seperti ini sering diduplikasi oleh level paling bawah, maka tidak bisa dipungkiri lagi bahwa orang level 1 adalah yang paling sukses diantara level2 bawahnya.
Inilah alasannya mengapa banyak orang LEBIH sukses di dunia ini.

Akan saya berikan contoh yang lebih simple lagi.
  1. Jika anda pernah atau sering menginap di hotel, cobalah lihat di sekitar anda. Apakah anda menemukan YANG PUNYA HOTEL itu?? Atau malah sebaliknya, anda pasti bertemu dengan pegawai-pegawainya.
  2. Jika anda memasuki MC Donald dsb, apakah anda melihat YANG PUNYA MC DONALD tersebut? Atau malah sebaliknya anda akan menjumpai karyawan-karyawan yang ada di sana. Peristiwa seperti ini tidak pernah anda sadari sebelumnya.
Nah, sekarang jika anda bertanya, DIMANA YANG PUNYA HOTEL dan MC DONALD NYA (DIMANA BOS ASLINYA)???
Kalau saya akan menjawab, DIA SEDANG DUDUK-DUDUK DI SOFA DI DALAM RUMAHNYA SAMBIL NONTON TELEVISI BERSAMA ANAK ISTERINYA.
Kesimpulannya adalah:
=====>>>>ORANG MINORITAS ITU SEPERTI PEMILIK HOTEL, PEMILIK RUMAH SAKIT, PEMILIK MAL, PEMILIK INSTANSI, DSB YANG JARANG BISA ANDA TEMUI,
=====>>>>SEDANGKAN ORANG MAYORITAS ITU SEPERTI ORANG YANG BEKERJA DI HOTEL, RUMAH SAKIT, MAL, INSTANSI, DSB YANG SERING KITA JUMPAI.

Yap. Yang punya usaha tersebut santai-santai di rumah menunggu penghasilan cair. Nah, ini adalah tujuan yang sebenarnya dari orang-orang sukses yang mengandalkan MLM. Keuntungan dari MLM ini sungguh tidak terbatas.
Kita juga dianjurkan pemerintah untuk menggunakan sistem MLM.
Lantas, mengapa banyak orang mengatakan MLM itu PENIPU??
Jika ingin maju, MLM sangat dianjurkan untuk setiap perusahaan anda, bahkan Presiden AS Barrack Obama pun menganjurkan sistem seperti ini. Nah, mengapa orang justru lebih memilih KERJA IKUT ORANG DENGAN UPAH STANDART daripada MENJALANKAN BISNIS MLM??
Berikut ini alasan-alasan yang pernah saya temui dari pengalaman saya: 

..........................


Orang mengatakan MLM itu penipu dikarenakan:

  1. Lebih menguntungkan yang di ATAS daripada yang di BAWAH. Pikiran seperti ini sering saya jumpai. Menurut saya, ini adalah pikiran yang sangat STANDART sekali. Mengapa saya berkata demikian? Coba anda simak lagi tentang PEMILIK HOTEL dan PEMILIK MC DONALD yang barusan saya jelaskan di atas.  Jika saya bertemu orang yang pemikirannya seperti ini, akan saya tanyakan "PEKERJAAN MANA YANG TIDAK MENGUNTUNGKAN YANG DI ATAS? JIKA ADA SAYA AKAN MELAMAR KE PEKERJAAN TERSEBUT"
    Gambarannya adalah KUALITAS PRODUK yang dipasarkan akan menguntungkan PEMBELI,
    Lalu PEMBELI juga akan menguntungkan PENJUAL,
    Keuntungan PENJUAL juga meningkatkan aset AGEN PENJUAL sehingga AGEN PENJUAL juga mendapatkan untung dari aset tersebut.
    Aset dari AGEN PENJUAL juga akan menguntungkan DISTRIBUTOR,
    Keuntungan dari DISTRIBUTOR juga akan meningkatkan keuntungan MANAGER,
    Kerja keras MANAGER juga akan menguntungkan DIREKTUR,
    Dan yang terakhir pengabdian DIREKTUR akan menguntungkan si PEMILIK PERUSAHAAN atau PELOPOR nya.
    Berarti sudah terlihat sama-sama menguntungkan toh? Jika ada yang bilang "MEMANG YANG DI BAWAH JUGA DAPET UNTUNG, TAPI YANG DI ATAS JUGA LEBIH UNTUNG".
    HALOOOOOOOO??? Tuhan memberikan kemampuan ke semua orang untuk menggapai impiannya. Intinya tiap kita diberikan PELUANG untuk SUKSES, tapi kita tidak mau mengambilnya, sama saja dengan orang yang berfikir DANGKAL. Jika ingin menjadi Orang sukses, lakukan sesuatu yang kebanyakan orang lain tidak bisa melakukannya.

Nah, itu adalah alasan menurut saya, belum lagi dari orang-orang sukses yang lainnya. Jika anda tidak ingin tertipu oleh bisnis lain, saran saya adalah:
  1. KENALI SECARA DETAIL PERUSAHAAN YANG MENAWARKAN BISNIS KEPADA ANDA. Coba tanyakan secara detail LETAK KANTOR nya dimana? Nama dan alamat orang yang menawarkan bisnis kepada anda. Ini bertujuan untuk jaga-jaga jika anda merasa dibohongi, anda bisa langsung datang ke kantor pusatnya atau langsung ke orangnya.
  2. KENALI SECARA DETAIL PRODUK YANG AKAN DITAWARI. Coba cari sumber informasi produk yang akan dijual dari berbagai sumber media, apakah produk ini pantas dijual atau tidak.
  3. CARILAH BISNIS YANG BERGARANSI 100%. Hahaha. Ini baru keren. Jika anda sedang ditawari bisnis oleh seseorang, anda cukup bertanya, ADA GARANSI BISNISNYA ga? Jika ada, berarti bisnis itu layak untuk ditelusuri lebih dalam lagi. (sekedar promosi, bisnis saya juga bergaransi. Hehehe =P)
  4. CARILAH BISNIS YANG MODALNYA MURAH. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang "penakut" akan kehilangan uang walau sepeser pun.  Kalau tidak ingin rugi besar atau istilah nya "norokin", carilah bisnis yang modalnya MURAH.
Nah, Itu sekedar topik yang saya bahas dan juga tips-tips yang saya berikan kepada anda. Maka dari itu saya simpulkan kepada anda,,,
TIDAK SEMUA BISNIS MLM ITU MENIPU
, semua balik lagi ke MINDSET kita masing-masing, masih ERROR dengan mengatakan SEMUA MLM itu PENIPU atau tidak. Mungkin artikel dari saya ini bermakna bagi anda. Salam Sukses selalu

1 komentar:

  1. saya akan menambahkan beberapa makna dari MLM (Multi Level Marketing) yang mungkin bellum anda ketahui. multi level marketing

    BalasHapus

Silahkan berkomentar di Blog Support Kami, dan Jika Anda Tidak Puas Silahkan Menghubungi Kami Via SMS/CALL di Hp. 081 2411 30 888 InsyaAllah Kami Bisa Membantu Anda. Thank's Kunjungan Anda!

Informasi Selengkapnya


Senin - Sabtu, pukul 09:00 - 21:00 WITA (Minggu dan hari Raya Libur)
Perhatian: Web ini merupakan web support "GoDirectorClub" , dibawah PowerLine Sistem untuk perkembangan jaringan secara online.

Picture